1.4.09

What's Wrong With Mother Earth???

by: Ihsan Adam.

Dear all,

Masih melekat dalam ingatan kita, jelang memasuki tahun 2005, tepatnya tgl.26 Desember 2004, negeri ini di kejutkan dengan bencana alam yg maha dahsyat. Bencana yg mampu meluluh lantakkan seluruh kawasan Aceh dan Nias,

bencana yg telah merenggut hampir 200 ribu jiwa penduduk, dan bencana yg mungkin tidak akan pernah di lupakan dalam perjalanan sejarah kelam Indonesia. Adalah bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Diawali dengan pasang surutnya air laut, dan disusul dengan rentetan gempa yg mencapai 8.0 skala richter. Mampu mengguncang sepanjang kawasan samudera Hindia dan Pasifik, yg kemudian memuntahkan jutaan meter kubik air laut keberbagai daratan di Asia. Hingga memporak porandakan seluruh bangunan di daerah tersebut, serta menyebabkan ratusan ribu penduduk menjadi korban..

Tragedi ini sontak membuat seluruh masyarakat Aceh dan Nias menangis, seluruh rakyat Indonesia berduka, bahkan seluruh dunia pun turut bersimpati.
Namun ternyata itu bukanlah akhir dari sebuah bencana, merupakan bagian dari beberapa musibah yg secara beruntun menerpa Negeri ini.

Menyusul kemudian secara berturut-turut adalah bencana gempa dan tsunami yg menerjang beberapa pantai di pulau Jawa, salah satunya di Pangandaran, Jawa Barat. Kemudian gempa bumi besar di Yogyakarta, Padang, dan Manokwari - Papua. Serta bencana tanah longsor dan banjir bandang yg menimpa beberapa daerah di berbagai Provinsi.
Dan masih banyak lagi bencana alam yg secara tidak terduga telah kita alami.

Hingga pada hari ini pun bencana kembali menimpa Negara ini.
Yaitu pada hari Jum'at tgl.27 Maret 2009, kita di kejutkan kembali dengan tragedi jebolnya tanggul situ Gintung di Tangerang, Banten.. Tragedi ini terjadi tepat pada dini hari di saat sebagian warga masih tertidur dengan lelap, dan di saat sebagian warga sedang bersiap-siap untuk melaksanakan ibadah shalat Shubuh. Tiba-tiba di kagetkan dengan suara gemuruh yg sangat keras, kemudian disusul dengan terjangan air bah yg bercampur lumpur dan bebatuan, yg akhirnya menenggelamkan seluruh bangunan di area tersebut, hingga mencapai radius beberapa kilometer.
Dari kejadian ini tercatat baru 99 orang di temukan meninggal, 100 orang dilaporkan hilang, dan lebih dari 1000 orang penduduk mengungsi. Belum termasuk dengan kerugian materi yg di derita oleh para korban. Sangat memprihatinkan!!!

Entah apa yg tengah terjadi dengan Ibu Pertiwi..
Entah dosa apa yg telah di perbuat oleh Bangsa ini..
Hingga bencana demi bencana selalu terus saja terjadi di Nusantara ini. Seolah tidak pernah merasa puas dengan segala penderitaan, kepedihan, dan kepiluan yg dirasakan oleh rakyat di Negeri ini.

Apakah musibah ini merupakan bencana yg terjadi secara alamiah?
Dan apakah bencana ini merupakan ujian bagi kita umat beragama??
Ataukah bencana ini merupakan Azab bagi kita umat manusia atas segala ketamakan dan keserakahan yg telah kita perbuat pada Alam dan Bumi ini???

Memang benar bila secara geografis Negara kepulauan ini di apit oleh 2 lempeng besar Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, hingga memungkinkan seringnya terjadi pergesekan. Dan juga benar bila Negara ini di huni oleh puluhan gunung berapi yg notabene keseluruhan nya masih aktif, yg tentu saja memungkinkan seringnya terjadi pergolakan di perut bumi, hingga menimbulkan kerawanan akan bencana.
Tapi apakah itu satu-satunya alasan yg menyebabkan Bumi ini terkesan begitu murka kepada kita???
OF COURSE NOT!!! Segala sesuatunya pastilah ada sebab.

Sadarkah Kita akan apa yg telah kita perbuat pada Bumi ini???
Sadarkah Kita telah berapa juta hektar area hutan yg menjadi tandus karenanya???
Sadarkah Kita telah berapa juta hektar lahan yg telah kita keruk untuk areal pertambangan???
Sadarkah Kita telah berapa panjang kawasan pantai yg telah kita eksploitasi untuk pengeboran minyak bumi???
Sadarkah Kita telah berapa juta meter persegi area resapan air yg telah kita rampas untuk membangun kawasan perumahan???
Dan Masih Sadarkah Kita telah seberapa parah kerusakan lapisan Ozon akibat emisi gas buang, hingga menyebabkan terjadinya perubahan iklim yg sebegitu ekstrim???


Akses email lebih cepat. Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

0 komentar: